Ratna Sarumpaet saat memberikan keterangan kepada awak media di kediamannya, Rabu, 3 Oktober 2018. ANT/Galih Pradipta.
Ratna Sarumpaet saat memberikan keterangan kepada awak media di kediamannya, Rabu, 3 Oktober 2018. ANT/Galih Pradipta.

Ratna Sarumpaet Ditahan

Nasional Kabar Ratna Dianiaya
Muhammad Al Hasan • 05 Oktober 2018 22:56
Jakarta: Polda Metro Jaya menahan aktivis Ratna Sarumpaet. Tersangka kasus penyebaran berita hoaks itu akan ditahan selama 20 hari pertama.
 
"Mulai malam ini penyidik melakukan penahanan, yang bersangkutan (Ratna Sarumpaet) telah menandatangni surat penahanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro, Jakarta, Jum'at, 5 Oktober 2018.
 
Penahanan Ratna merujuk pada surat perintah penahanan dengan nomor SPH /925 /10 2018 Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Penahanan dilakukan demi kepentingan penyidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Telah dilakukan pemeriksaan kemudian kita temukan alat bukti, baik itu bukti petunjuk, alat bukti, baik itu bukti petunjuk keterangan saksi dan keterangan tersangka," ujarnya.
 
(Baca: Ratna Sarumpaet Diancam 10 Tahun Penjara)
 
Argo menyebut alasan lain Ratna ditahan adalah bagian kewenangan penyidik. Salah satunya, kata dia, penyidik khawatir Ratna seperti pentolan FPI Rizieq Shihab yang kabur ke Arab Saudi.
 
"Jangan sampai mengulangi perbuatan dan menghilangkan barang bukti," ungkap dia.
 
Dalam kasus ini Ratna telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia dijerat Pasal 14 UU 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).
 

 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif