Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Agus Supriatna. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Agus Supriatna. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.

Marsekal (Purn) Agus Ajak Gatot dan Panglima TNI Bahas AW101

Nasional helikopter
Achmad Zulfikar Fazli • 06 Juni 2018 19:17
Jakarta: Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna mengajak mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu duduk bersama membahas masalah pengadaan helikopter Augusta Westland (AW-101). Ia yakin ada solusi dari permasalahan jika dibicarakan bersama.
 
"Sebetulnya semua bisa duduk bersama. Duduk bersama di level Menteri Pertahanan, Panglima sebelumnya, yang sekarang, saya. Kita pecahkan bersama di mana sebetulnya masalah ini," kata Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.
 
Ia tak ingin masing-masing merasa hebat dan benar dalam kasus ini karena punya kekuasaan. Ia kesal kasus ini baru diangkat setelah dirinya pensiun. Padahal saat masih menjadi KSAU, pengadaan ini tak pernah disingggung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kasih tahu ya, selama saya masih aktif belum ada satu orang pun yang bertanya kepada saya tentang AW 101. Tapi setelah saya pensiun baru berani mengatakan itu," ujar dia dengan nada tinggi.
 
Baca: Pengecekan AgustaWestland-101 Gunakan Tim Ahli Independen
 
Ia berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan duduk bersama antara dirinya dan pihak terkait.
 
KPK telah menetapkan satu tersangka dari pihak swasta, yakni Irfan Kurnia Saleh. Irfan diduga sebagai pengatur pemenangan proyek pengadaan Heli AW-101 tahun anggaran 2016-2017.
 
Selain pihak swasta, Puspom TNI juga menetapkan empat perwira TNI ‎sebagai tersangka. Mereka adalah Marsekal Pertama FA selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Letnan Kolonel WW selaku pemegang kas, Pembantu Letnan Dua SS, dan Kolonel Kal FTS selaku kepala unit pada TNI AU.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif