Djoko Seogiarto Tjandra saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Djoko Seogiarto Tjandra saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

ICW Nilai Djoko Tjandra Pantas Dihukum Seumur Hidup

Nasional Kasus Suap kasus korupsi Pengadilan Djoko Tjandra
Candra Yuri Nuralam • 06 April 2021 06:31
Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai vonis 4,5 tahun penjara yang dijatuhkan hakim untuk terdakwa kasus dugaan suap pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Soegiarto Tjandra masih ringan. Djoko Tjandra dinilai pantas dihukum lebih.
 
"Model kejahatan yang dilakukan oleh Djoko S Tjandra layak untuk dijatuhi vonis seumur hidup," kata peneliti dari ICW Kurnia Ramadhana kepada Medcom.id, Selasa, 6 April 2021.
 
Kurnia menilai penggunaan pasal dalam vonis Djoko Tjandra masih terlalu lemah. Menurutnya, pasal yang diterapkan dalam kasus itu hanya bisa memberikan hukuman maksimal lima tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ICW juga menilai hakim kurang rinci menimbang hukuman Djoko Tjandra. Pasalnya, kata Kurnia, hakim tidak menghitung pelanggaran masuk ke Indonesia secara ilegal yang dilakukan Djoko Tjandra selama pengurusan fatwa MA itu.
 
"Tindakan Djoko S Tjandra yang dengan mudah memasuki wilayah Indonesia untuk mengurus pendaftaran Peninjauan Kembali ke Pengadilan telah meruntuhkan wajah penegakan hukum Indonesia," ujar Kurnia.
 
Baca: Djoko Tjandra Divonis 4,5 Tahun Penjara
 
Sebelumnya, Djoko Tjandra divonis empat tahun enam bulan penjara. Dia juga diwajibkan membayar denda Rp100 juta subsider enam bulan penjara atas tindakannya.
 
Djoko Tjandra melanggar ketentuan Pasal 5 Ayat (1) huruf a UU Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) dan (2) KUHP dan Pasal 15 jo Pasal 13 UU Pemberantasan Tipikor.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif