Plt Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono. (Foto: Medcom.id/Yona Hukmana)
Plt Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono. (Foto: Medcom.id/Yona Hukmana)

Joko Driyono Inisiator Penghancuran Dokumen Pengaturan Skor

Nasional Pengaturan Skor Sepak Bola
Kautsar Widya Prabowo • 19 Februari 2019 14:32
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola menyebut Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono (Jokdri) inisiator penghancuran dokumen di kantor PT Liga Indonesia Baru atau kantor Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Ini terungkap pasca-pemeriksaan Jokdri selama 20 jam pada Senin, 18 Februari 2019.
 
"Yang bersangkutan jawab (mengakui) memang menyuruh orang mengamankan barang tersebut (laptop dan dokumen) setelah ruangan disegel," ujarnya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Febuari 2019.
 
Kendati demikian, Argo belum dapat menjelaskan detail isi dokumen maupun laptop yang diamankan atas perintah Jokdri. Barang bukti yang telah disita akan diungkap di pengadilan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti di persidangan ya kalau yang itu (barang bukti)," tambahnya.
 
Baca juga:Reaksi Joko Driyono Usai Diperiksa 20 Jam
 
Jokdri ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Bola pada Kamis 14 Februari 2019. Ia menjadi tersangka ke-15 dan diduga sebagai aktor intelektual di balik pengrusakan dokumen.
 
Jokdri menghadapi pasal berlapis, yaitu Pasal 363 yang terkait pencurian dan pemberatan serta Pasal 232 tentang perusakan pemberitahuan dan penyegelan. Selanjutnya, pasal 233 tentang perusakan barang bukti dan Pasal 235 KUHP terkait perintah palsu untuk melakukan tindak pidana yang disebutkan di Pasal 232 dan 233.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif