Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo--MI/Susanto
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo--MI/Susanto

Tjahjo Kumolo Siap Jadi Saksi Kasus Meikarta

Nasional meikarta OTT Pejabat Bekasi
Whisnu Mardiansyah • 16 Januari 2019 14:41
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan tidak memiliki kewenangan terkait proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tjahjo siap dimintai keterangan pada sidang lanjutan kasus suap Meikarta dengan tersangka Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.
 
"Soal penjelasan Kemendagri mengenai rapat itu dirjen kami sudah dua kali dipanggil KPK, clear. Dengan munculnya telepon ini, kalau saya diperlukan kesaksian, saya siap hadir," kata Tjahjo di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 16 Januari 2019.
 
Menurut Tjahjo, tak ada yang salah dengan ucapan 'tolong dibantu' yang ia tujukan ke Bupati Neneng. Ucapan itu lazim diutarakannya ke kepala daerah dalam konteks percepatan koordinasi investasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tolong dibantu ya ini kan sudah selesai semua, biar cepat, begitu saja, menyangkut investasi daerah. Hampir semua gubernur bisa Anda tanya, sering saya undang, menyangkut urusan investasi," kata Tjahjo.
 
Komunikasi lewat telepon dengan kepala daerah pun sudah biasa dilakukan. Apalagi apabila ada masalah antara pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi.
 
"Pertama saya sudah biasa melakukan telepon, memanggil, termasuk yang berkaitan kalau ada permasalahan antara pemda pusat, pemda daerah, dan pemda kota kabupaten yang berkaitan dengan perizinan," pungkasnya.
 
Baca: Tjahjo Sebut Izin Proyek Meikarta di Pemkab Bekasi
 
Nama Tjahjo disebut mantan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasindalam persidangan dugaan suap perizinan pembangunan Meikarta. Sidang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat.
 
Neneng hadir dalam sidang sebagai saksi dugaan suap perizinan pembangunan proyek Meikarta. Menurut Neneng, Tjahjo meminta agar perizinan Meikarta dibantu.
 
"Saat itu, Mendagri Tjahjo Kumolo menelepon Pak Soemarsono. Diberikan izin kepada saya. Dan Tjahjo Kumolo bilang ke saya, tolong perizinan Meikarta dibantu," kata Neneng dalam sidang, Senin, 14 Januari 2019.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif