Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Tjahjo Sebut Izin Proyek Meikarta di Pemkab Bekasi

Nasional meikarta OTT Pejabat Bekasi
Whisnu Mardiansyah • 16 Januari 2019 14:21
Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan terjadi mispersepsi terkait proses perizinan proyek Meikarta antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Namun, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai izin proyek ada di Kabupaten Bekasi.
 
"Ini awalnya ada perbedaan persepsi antara Pemda (Pemerintah Daerah) Jabar dengan Pemda Kabupaten Bekasi. Kemudian kami dipanggil DPR hasilnya segera Kemendagri mengundang rapat," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 16 Januari 2019.
 
Dari hasil rapat dengan DPR, Tjahjo memerintahkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Sumarsonomengundang Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Salah satu poinnya perihal kewenangan proyek Meikarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sudah jelas intinya bahwa kewenangan memberikan izin itu ada pada Pemerintah Kabupaten Bekasi, hanya koordinasinya dengan Pemerintah Jabar," jelas Tjahjo.
 
Politikus PDI Perjuangan itu meminta hasil laporan pertemuan ke Direktur Jenderal Otonomi Daerah. Lantas, Tjahjo meminta Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasinsegera mempercepat proses perizinan agar tidak menghambat investasi nasional.
 
"Saya telepon Bupati, 'Ya sudah laksanakan dengan baik. Tolong dibantu supaya cepat perizinannya sesuai dengan aturan yang ada. sesuai dengan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP)'," ucap dia.
 
Bupati Neneng saat mendengar instruksi Mendagri langsung mengiyakan. Neneng menjelaskan saat itu semua proses perizinan sudah sesuai undang-undang."Dijawab dengan yang bersangkutan, 'Ya sesuai dengan aturan yang ada. Sudah selesai," pungkas dia.
 
Baca: Mendagri Disebut Tak Berniat Muluskan Proyek Meikarta
 
Tjahjo sebelumnya disebut dalam persidangan dugaan suap perizinan pembangunan Meikarta. Namanya disebut oleh Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat.
 
Neneng hadir dalam sidang sebagai saksi dugaan suap perizinan pembangunan proyek Meikarta. Menurut Neneng, Tjahjo meminta agar perizinan Meikarta dibantu.
 
"Saat itu, Mendagri Tjahjo Kumolo menelepon ke Pak Sumarsono. Diberikan izin kepada saya dan Tjahjo Kumolo bilang ke saya, tolong perizinan Meikarta dibantu," kata Neneng, Senin, 14 Januari 2019.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif