Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Data ICW Soal Mafia Tambang di Sumsel Dipertanyakan

Nasional Pembangkit Listrik batu bara kasus korupsi Penegakan Hukum PLTU
M Sholahadhin Azhar • 01 Mei 2022 18:17
Jakarta: Data Indonesia Corruption Watch (ICW) terkait mafia tambang di Sumatra Selatan (Sumsel) dipertanyakan. Terlebih, pernyataan yang mengaitkan hal tersebut dengan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sumsel 1.
 
“Datanya dari mana, setahu saya PLTU itu masih dalam proses pembangunan, kok dibilang ada mafia tambang,” kata deputi Komunitas Masyarakat Antikorupsi Sumsel Feri Kurniawan di Jakarta, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Menurut dia, PLTU dengan kapasitas 600 mega watt itu masih merampungkan pembebasan lahan sebagai lokasi penambangan batu bara. Bahan tambang tersebut dibutuhkan untuk membangkitkan listrik di PLTU Sumsel 1. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Aparat Penegak Hukum Didesak Usut Tuntas Kasus Mafia Tambang
 
“Kalaupun ada yang melakukan penambangan mungkin saja masyarakat sekitar, apakah itu bisa disebut mafia tambang,” tanya Feri. 
 
Selaku pegiat anti korupsi Sumsel Feri Kurniawan menilai apa yang disampaikan ICW tidak benar. Karena data yang mereka sampaikan tidak sesuai fakta di lapangan. 
 
"Bagaimana mungkin menganggu masyarakat, sementara PLTU-nya saja belum ada, tuduhan mereka bisa dilaporkan ke polisi," kata Feri.
 
ICW menyebut ada sejumlah tambang penghasil batu bara berkualitas rendah diduga dikirim ke PLTU Sumsel I. Akibatnya banyak masyarakat sekitar terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).
 
Berdasarkan data ICW, PLTU Sumsel 1 berada di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. "Asap pembangkit listrik tenaga uap memang mematikan. Ia mengandung sejumlah senyawa beracun yang dapat menimbulkan penyakit," kata ICW, dalam keterangan tertulisnya,  Jumat, 29 April 2022.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif