Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Polri Didesak Hukum Mati Bripka CS yang Menembak TNI dan Warga Sipil

Nasional polri penembakan tni-polri
Siti Yona Hukmana • 25 Februari 2021 15:24
Jakarta: Polri didesak menghukum mati anggota Polsek Kalideres, Bripka CS. Bripka CS menembak satu anggota TNI AD dan dua warga sipil hingga tewas di RM Kafe, Cengkareng Barat, Jakarta Barat.
 
"Dan, Kapolres Jakarta Barat (Kombes Ady Wibowo) harus segera dicopot dari jabatannya," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 Februari 2021.
 
Menurut Neta, ada dua alasan pencopotan Kapolres Jakarta Barat. Pertama, Kombes Ady merupakan penanggung jawab keamanan di wilayahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Neta menilai Ady membiarkan kafe buka hingga pukul 04.00 WIB. Padahal, DKI Jakarta masih dalam kondisi pandemi covid-19.
 
"Kedua, Kapolres kurang memperhatikan perilaku anak buahnya hingga terjadi peristiwa brutal," ujar Neta.

Kronologi Penembakan Versi IPW

Neta menjelaskan aksi penembakan itu terjadi di RM Kafe, Cengkareng Barat, Jakarta Barat, sekitar pukul 04.30 WIB, Kamis, 25 Februari 2021. Peristiwa itu mengakibatkan tiga korban jiwa dan satu korban luka.
 
Korban yang meninggal, yakni anggota TNI AD, S; waiter, FSS; dan kasir, M. Kemudian, manajer RM Kafe, H, terluka akibat peristiwa ini.
 
Aksi brutal berawal saat Bripka CS bersama temannya, Pegi, datang ke RM Kafe sekitar pukul 02.00 WIB. Bripka CS dan temannya langsung memesan minuman.
 
Baca: Miris, Tiga Nyawa Senilai Rp3 Juta di Cengkareng
 
Setelah itu, Bripka CS diberikan tagihan karena kafe akan tutup dan pelanggan lain sudah membubarkan diri. Tagihan pembayaran minuman itu sebesar Rp3.335.000.
 
Namun, Bripka CS tidak mau membayar. S, yang bertugas mengamankan kafe, menegur dan cekcok mulut dengan Bripka CS.
 
"Tiba-tiba pelaku mengeluarkan senjata api dan ditembakkan kepada ketiga korban secara bergantian," ungkap Neta.
 
Bripka CS keluar kafe sambil menenteng senjata api di tangan kanannya. Anggota Polsek Kalideres itu dijemput temannya menggunakan mobil.
 
Bripka CS telah ditangkap. Dia telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Bripka CS dikenakan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan dengan ancaman 15 tahun penjara.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif