Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memantau sidang lanjutan praperadilan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto: MI/Bary F.
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memantau sidang lanjutan praperadilan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto: MI/Bary F.

Calon Tersangka Baru Suap Kemenpora Mulai Terang

Nasional OTT Pejabat Kemenpora
Juven Martua Sitompul • 14 Agustus 2019 07:40
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan penyelidikan baru kasus dugaan suap dana hibah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) semakin terang. Calon tersangka baru semakin dekat untuk dijerat.
 
“Belum ada proses lebih lanjut tahapnya, tapi saya pikir ada indikasi-indikasi ada kemajuan,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Saut menutup rapat informasi temuan-temuan baru dalam penyelidikan baru tersebut. Dia hanya menyebut pengembangan kasus dugaan suap dana hibah Kemenpora untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) terus berjalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya enggak bisa ngomong soal penyelidikan yang pasti ada kemajuan sehingga pasti ada proses,” kata dia.
 
Saut juga menolak menyebut sosok-sosok yang masuk dalam daftar bidikan KPK. "Jangan masuk nama dulu, tunggu dulu,” pungkasnya.
 
KPK mengamini tengah membuka penyelidikan baru terkait pengembangan kasus suap dana hibah Kemenpora untuk KONI. Penyelidikan baru dimulai setelah munculnya fakta-fakta di persidangan perkara tersebut.
 
Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan lima tersangka. Mereka adalah Sekretaris Jenderal KONI, Ending Fuad Hamidy; ‎Bendahara Umum KONI, Jhonny E Awuy; Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mulyana; Pejabat Pembuat Komitmen Kemenpora, Adhi Purnomo; serta staf Kemenpora, Eko Triyanto.
 
Ending dan Jhonny divonis ‎bersalah karena menyuap pejabat Kemenpora. Ending dihukum 2 tahun 8 bulan penjara, sedangkan Johnny dikenakan hukuman 1 tahun 8 bulan penjara.
 
Baca: Pejabat Kemenpora Terima Rp300 Juta dari Bendum KONI
 
Tiga orang dari Kemenpora yakni, Mulyana, Adhi Purnomo, dan Eko Triyayanto, masih menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Saat ini, agenda persidangan untuk ketiganya masih pemeriksaan sejumlah saksi.
 
Dari persidangan tersebut, muncul sejumlah nama pejabat Kemenpora yang diduga turut kecipratan uang haram dana hibah untuk KONI. Salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan stafnya Miftahul Ulum.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif