Deisti Tolak Teken Berita Penahanan Novanto
Deisti Astriani Tagor. Foto: Antara/Reno Esnir.
Jakarta: Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor, disebut menolak menandatangani berita acara penahanan suaminya. Sikap itu diambil Deisti setelah melihat mantan pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, melakukan hal serupa.
 
Hal tersebut diungkap oleh salah seorang kerabat Novanto, Retno Dahlia di sidang Fredrich. Retno mengaku sempat ikut Deisti ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau.
 
Jaksa pada KPK lalu mempertanyakan ihwal penolakan tanda tangan oleh Deisti. Retno lantas membenarkan aksi Deisti tersebut.
 
"Ibu (Deisti) melihat Pak Yunadi tidak mau tanda tangan, Ibu juga tidak mau tanda tangan, tapi bukan karena disuruh Pak Yunadi," ujar Retno di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Mei 2018.
 
Jaksa kemudian menanyakan apakah sikap yang diambil Deisti lantaran disarankan Fredrich atau tidak. Menurut Retno, saat itu Fredrich tak menyarankan kepada Deisti soal penolakan tanda tangan.
 
Mantan pengacara Setya Novanto itu sebelumnya didakwa bekerja sama dengan Bimanesh untuk menghindarkan Novanto untuk diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-el. Ia disebut menyarankan agar Novanto tidak memenuhi panggilan KPK.

Baca: Deisti tak Mengetahui Pelarian Novanto

Fredrich diduga meminta Bimanesh untuk merekayasa hasil pemeriksaan kesehatan Novanto. Saat itu, Novanto memang tengah diburu oleh KPK lantaran tak juga memenuhi panggilan komisi antirasuah tersebut.
 
Atas perbuatannya, Fredrich didakwa dengan Pasal 21 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id