Ketua KPK Firli Bahuri. Dok. Humas KPK.
Ketua KPK Firli Bahuri. Dok. Humas KPK.

Firli: Pemangku Kepentingan Harus Mencegah dan Memberantas Korupsi

Candra Yuri Nuralam • 06 Juli 2022 07:32
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menilai pencegahan dan pemberantasan rasuah perlu bantuan pemangku kepentingan. Pemerintah wajib turun tangan dalam meningkatkan tata kelola yang baik untuk menghapus sikap koruptif.
 
"Pemangku kepentingan harus membantu menumbuhkan lingkungan berintegritas, nilai etik, dan norma akuntabilitas. Di mana masing-masing pihak punya peran penting mencegah dan memberantas korupsi," kata Firli melalui keterangan tertulis, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Firli juga menilai pemerintah wajib menjaga akuntabilitas dan integritas dalam sektor pelayanan publik untuk mencegah korupsi. Pemerintah wajib memberikan jaminan terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat bebas dari tindakan korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Permintaan bantuan dari pemangku kepentingan ini juga disampaikan Firli dalam pertemuan hari pertama anti-corruption working group (ACWG) G20 putaran kedua di Bali pada Selasa, 5 Juli 2022. Firli meminta seluruh pemangku kepentingan dari beberapa negara aktif bersama memberantas korupsi.
 
"Sehingga spirit pertemuan ini (ACWG G20 putaran kedua) adalah berkolaborasi dan bekerja sama satu sama lain," ujar Firli.
 

Baca: Dalam Acara ACWG G20, Lili Pintauli Sebut Korupsi Sebagai Kejahatan Luar Biasa


 
Firli ingin pemberantasan korupsi tidak dilakukan sendiri. Dia mau seluruh negara peserta ACWG G20 saling bahu-membahu dalam pemberantasan korupsi secara global.
 
Dia berharap ada kesepakatan nyata dalam upaya pemberantasan korupsi bersama yang dibuat oleh negara peserta ACWG G20. Dia ingin adanya standar internasional dalam pemberantasan korupsi ke depannya.
 
"Peningkatan kolaborasi antikorupsi sangat penting, terutama karena kita masih menghadapi dampak krisis pandemi, agar kita bersama-sama pulih, pulih lebih kuat," tutur Firli.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif