Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Gabung ke Polri, Eks Pegawai KPK Diberi Tugas Awasi Dana Covid-19

Siti Yona Hukmana • 06 Desember 2021 18:44
Jakarta: Sebanyak 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersedia menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri. Mereka akan diberi tugas mengawal dana covid-19.
 
"Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) ketika pidato ingin kita melaksanakan tiga hal. Pertama, mengawasi dana covid-19," kata mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 6 Desember 2021.
 
Yudi mengatakan tugas kedua yang akan diberikan Tri Brata (TB) 1 ialah membantu pelaksanaan proyek strategis nasional. Lalu, berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yudi berterima kasih kepada Kapolri yang memberikannya kesempatan kembali aktif memberantas korupsi. Menurut dia, kesempatan ini sebagai upaya reformasi dalam pemberantasan korupsi.
 
"Sehingga, nanti setelah kita selesai dilantik ada orientasi yang dilakukan, kemudian setelah itu baru kami akan bergabung dengan teman-teman di kepolisian untuk kemudian ikut dalam program-program kerja yang dilaksanakan oleh Pak Kapolri," ungkap mantan penyidik KPK itu.
 
Namun, Yudi belum dapat memastikan penempatannya nanti. Hal teknis itu akan disampaikan pihak Polri.
 
Baca: Besok, 44 Eks Pegawai KPK Jalani Uji Kompetensi ASN Polri
 
Sebanyak 44 eks pegawai KPK menyatakan kesediaan menjadi ASN Polri saat sosialisasi tadi pagi. Mereka telah menandatangani surat pernyataan bersedia bergabung dengan Korps Bhayangkara.
 
Polri belum membeberkan ke-44 orang itu. Di antaranya, Yudi Purnomo dan Novel Baswedan.
 
Sementara itu, delapan mantan pegawai KPK tidak bersedia menjadi ASN Polri dan empat orang lainnya belum konfirmasi. Polri menunggu konfirmasi keempat orang itu hingga Selasa pagi, 7 Desember 2021.
 
Pengangkatan mantan pegawai KPK tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Khusus 57 Eks Pegawai KPK Menjadi ASN di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jumlahnya kini menjadi 56 karena satu orang meninggal dunia beberapa waktu lalu.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif