Kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala. MI/Angga Yuniar
Kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala. MI/Angga Yuniar

Kriminolog Duga Ada Dua Jenis Kematian Sekeluarga di Kalideres

Siti Yona Hukmana • 01 Desember 2022 02:07
Jakarta: Kriminolog menduga ada dua jenis kematian dalam kasus tewasnya satu keluarga di dalam rumah kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Yakni natural death (kematian wajar) dan desperate death (kematian sengsara).
 
"Memang kelihatannya ada dua orang yang boleh disebut meninggal natural. Kematian natural ini bukan berarti kematian yang diminta, tapi kematian yang memang karena sakit dan usia yang kemudian sebabkan mereka mati," kata Kriminolog Adrianus Meliala dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 30 November 2022.
 
Menurut dia, natural death terjadi kepada pasangan suami istri, Rudyanto Gunawan, 71 dan Renny Margaretha Gunawan, 68. Dua korban lainnya, Dian Febbyana Apsari Dewi, 42 (anak), dan Budyanto Gunawan, 68 (paman) dinilai meninggal dengan kategori desperate death. Adrianus meyakini keduanya masih memiliki upaya untuk bertahan hidup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu pada Dian dan Budyanto saya mendapat kesan dalam hal ini saya sebut sebagai desperate death atau kematian yang sengsara. Kenapa? Karena pada dua orang ini saya dapat kesan mereka masih mau bertahan hidup. Mereka yang saya duga melakukan penjualan barang terutama barang-barang yang bungkusnya masih ditemukan kepolisian dan diletakkan di luar," ujar Adrianus.
 

Baca Juga: Penyebab Sekeluarga Tewas di Kalideres Masih Dicari


Satu keluarga itu ditemukan tak bernyawa di Kompleks Citra Garden 1 Extension Kalideres, Jakarta Barat, pada Jumat, 11 November 2022. Mereka ditemukan dalam keadaan membusuk dan diduga telah meninggal selama tiga minggu.
 
Namun tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada empat jenazah. Mulanya empat orang sekeluarga itu disebut tewas akibat kelaparan. Namun, hal itu sudah diluruskan. Penyebab kematian sekeluarga itu masih misteri hingga penyelidikan memasuki tiga pekan. 
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif