Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Penyebab Sekeluarga Tewas di Kalideres Masih Dicari

Siti Yona Hukmana • 30 November 2022 22:38
Jakarta: Penyebab satu keluarga tewas di dalam rumah kawasan Kalideres, Jakarta Barat, masih dicari. Meski penemuan jasad itu sudah masuk hari ke-19.
 
"Sampai sekarang masih menanti pemeriksaan dari tim ahli dari kedokteran forensik, gabungan dari kedokteran forensik Polri, maupun dari RSCM, Universitas Indonesia untuk mencari sebab pasti daripada kematian ini," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 30 November 2022.
 
Di samping itu, Hengki menyebut polisi tengah mencari motif peristiwa itu. Pencarian motif fokus pada dugaan melakukan ritual tertentu. Satu korban atas nama Budyanto diketahui suka melakukan ritual berdasarkan keterangan 28 saksi yang merupakan orang terdekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang ada kecendrungan salah satu dari pada anggota keluarga ini, yaitu atas nama Budyanto, ini cenderung dominan dan memiliki sikap yang positif terhadap ritual-ritual tertentu," ungkap Hengki.
 
Keterangan saksi disebut identik dengan barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP). Polisi menemukan tulisan di sejumlah kain diduga mantra, kemenyan, dan buku lintas agama.
 
Hengki menyebut pihaknya akan melakukan penyelidikan dengan pendekatan deduktif. Artinya, menyesuaikan keterangan saksi dengan ahli dari psikologi forensik. Termasuk berkoordinasi dengan saksi ahli dari sosiologi agama.
 
"Kira-kira apakah perilaku-perilaku ini yang indikasinya mereka sangat tertutup, sangat mencegah hubungan dengan pihak-pihak luar di luar empat orang ini. Kemudian, adanya fakta bahwa adanya kecenderungan ritual tertentu apakah ini menunjukan motif ini akan kami dalami lagi," ungkap Hengki.
 

Baca Juga: Kasus Sekeluarga Tewas di Kalideres, 1 Korban Diketahui Suka Ritual


Satu keluarga ditemukan tak bernyawa di Kompleks Citra Garden 1 Extension Kalideres, Jakarta Barat, pada Jumat, 11 November 2022. Mereka ialah Rudyanto Gunawan (laki-laki 71 tahun), Renny Margaretha Gunawan (perempuan 68 tahun), Dian Febbyana Apsari Dewi (perempuan 42 tahun), dan Budyanto Gunawan (laki-laki 68 tahun).
 
Mereka ditemukan dalam keadaan membusuk dan diduga telah meninggal selama tiga minggu. Namun tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada empat jenazah. Mulanya empat orang sekeluarga itu disebut tewas akibat kelaparan. Namun, hal itu sudah diluruskan. Penyebab kematian sekeluarga masih misteri. 
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif