Pengumuman tersangka baru kasus suap penanganan perkara. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Pengumuman tersangka baru kasus suap penanganan perkara. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

2 Hakim Jadi Tersangka Baru Kasus Suap di MA

Candra Yuri Nuralam • 28 November 2022 19:32
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan tiga tersangka baru dalam kasus dugaan suap penanganan perkara. Dua di antaranya hakim.
 
"KPK kemudian menemukan kecukupan alat bukti mengenai adanya dugaan perbuatan pidana lain dan ditindaklanjuti ke tahap penyidikan," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 28 November 2022.
 
Tiga tersangka itu yakni Hakim Agung, Gazalba Saleh; Hakim Yustisial, Prasetrio Nugroho; dan staf Gazalba, Redhy Novarisza. Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka usai Lembaga Antikorupsi itu menemukan bukti permulaan yang cukup.
 

Baca: Eks Pegawai MA Dipanggil KPK untuk Bongkar Suap Penanganan Perkara


Total, kini sudah ada 13 tersangka yang ditetapkan. Sepuluh lainnya yakni Hakim Agung Sudrajat Dimyati; Hakim Yudisial atau panitera pengganti, Elly Tri Pangestu (ETP); dua aparatur sipil negara (ASN) pada Kepeniteraan MA, Desy Yustria (DY) dan Muhajir Habibie (MH); serta dua ASN di MA, Nurmanto Akmal (NA) dan Albasri (AB).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, pengacara Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES) serta Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana Heryanto Tanaka (HT), dan Debitur Koperasi Simpan Pinjam Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).
 
Dalam kasus ini, Gazalba, Prasetio dan Redhy disangkakan melanggar Pasal 12 huruf c atau Pasal 12 huruf a atau b Jo Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UndangUndang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif