Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Rekam Sidang Sofyan Jadi Bukti Tambahan Kasasi

Nasional Korupsi PLTU Riau-1
Theofilus Ifan Sucipto • 28 November 2019 20:30
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan dua bukti tambahan terkait kasasi kasus korupsi eks Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir. Bukti diserahkan pada Mahkamah Agung (MA).
 
"KPK telah menyerahkan memori kasasi disertai dua tambahan bukti prinsip yaitu 12 keping CD rekam sidang di Pengadilan dan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) Sofyan Basir," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis, 28 November 2019.
 
Febri menyebut BAP berisi pernyataan Sofyan saat memberi keterangan dalam penyidikan tersangka anggota komisi VII Eny Maulani Saragih. Keterangan itu diberikan pada Rabu, 20 Juli 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK mengajukan kasasi ke MA pada Jumat, 15 November 2019. Lembaga Antirasuah telah mendalami beberapa bukti yang dituangkan dalam memori kasasi.
 
Sofyan terlepas dari tuntutan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider tiga bulan kurungan pada 4 November 2019.
 
Sofyan juga lepas dari ancaman Pasal 12 huruf a juncto Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 56 ke-2 KUHP.
 
JPU KPK mendakwa Sofyan memfasilitasi pertemuan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, dan pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo buat membahas proyek PLTU Riau-1. Majelis hakim menilai beberapa dakwaan JPU tak terbukti dalam persidangan.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif