Hadi Pranoto, peneliti asal Indonesia yang membuat obat herbal yang diklaim meningkatkan antibodi melawan covid-19. Lampost.co/Andi Apriyadi
Hadi Pranoto, peneliti asal Indonesia yang membuat obat herbal yang diklaim meningkatkan antibodi melawan covid-19. Lampost.co/Andi Apriyadi

Hadi Pranoto Dirawat di RS Medistra

Nasional Virus Korona Hadi Pranoto
Siti Yona Hukmana • 13 Agustus 2020 12:50
Jakarta: Hadi Pranoto, pembuat obat herbal yang diklaim meningkatkan antibodi dan bisa melawan covid-19, jatuh sakit. Dia tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan.
 
"Pengacaranya pagi tadi mengantar surat izin rawat yang bersangkutan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
Pengacara Hadi, Angga Busra Lesmana, membenarkan kliennya tengah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan penyakit yang diderita Hadi. Angga juga tak mau menyebut sejak kapan Hadi masuk rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Doakan ya agar sembuh," ujar Angga kepada Medcom.id.
 
Baca: Hadi Pranoto Batal Diperiksa karena Sakit
 
Hadi sedianya diperiksa di Polda Metro Jaya sebagai terlapor kasus dugaan penyebaran berita bohong (hoaks) sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis, 13 Agustus 2020. Penyidik telah memeriksa YouTuber sekaligus influencer Erdian Aji Prihartanto alias Anji terkait kasus yang sama pada Senin, 10 Agustus 2020.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid melaporkan Hadi dan Anji ke Polda Metro Jaya, Senin malam, 3 Agustus 2020. Laporan ini buntut klaim Hadi yang mengaku telah menemukan obat covid-19 dalam wawancara di akun YouTube milik Anji.
 
Konten YouTube yang ditayangkan musisi Anji pada Sabtu, 1 Agustus 2020, menuai polemik. Pendapat Hadi ditentang oleh akademisi, ilmuwan, ikatan dokter Indonesia (IDI), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, influencer, hingga masyarakat luas.
 
Keduanya disangkakan melanggar Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 45a Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif