Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Terlibat 3 Kasus Dugaan Rasuah, Eks Bupati Buru Selatan Ditahan KPK

Candra Yuri Nuralam • 26 Januari 2022 18:18
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa sebagai tersangka dalam tiga dugaan tindak pidana rasuah. Ketiga tindak pidana ialah dugaan suap, gratifikasi, dan pencucian uang pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Buru Selatan pada 2011-2016.
 
"KPK menetapkan tersangka setelah pengumpulan informasi dan data yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 26 Januari 2022.
 
KPK juga menetapkan dua pihak swasta Johny Ryndard Kasman, dan Ivana Kwelju sebagai tersangka dalam kasus ini. Mereka semua diduga bersekongkol mendapatkan keuntungan pribadi dalam pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Buru Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setidaknya, ada empat proyek yang dimainkan ketiga orang itu. Pertama, proyek pembangunan Jalan Dalam Kota Namrole pada 2015 senilai Rp3,1 miliar.
 
Lalu, ketiga orang itu juga diyakini memainkan proyek peningkatan Jalan Dalam Kota Namrole senilai Rp14,2 miliar. Kemudian, mereka diduga memanipulasi proyek peningkatan Jalan Ruas Wamsisi-SP Namrole Modan Mohe senilai Rp14,2 miliar.
 
"Terakhir, proyek peningkatan Jalan Ruas Waemulang-Biloro dengan nilai proyek Rp21,4 miliar," ujar Lili.
 
Tagop dibantu Johny menerima uang suap proyek dalam kasus ini. Seluruh uang proyek masuk terlebih dahulu ke rekening Johnny sebelum diterima ke Tagop.
 
Tagop diduga mengantongi Rp10 miliar dari manipulasi proyek. Uang itu sudah dibelanjakan dengan menggunakan nama orang lain untuk menyamarkan kekayaannya.
 
Baca: Geledah Kantor Bupati Buru Selatan, KPK Temukan Dokumen Terkait Suap Proyek Infrastruktur
 
KPK menahan ketiga tersangka dalam kasus ini untuk 20 hari pertama. Penahanan dimulai dari 26 Januari 2022 sampai 14 Februari 2022.
 
 
Halaman Selanjutnya
Tagop ditahan di Rumah Tahanan…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif