Anak Buah Rita Makan Gratis saat Abun Urus Izin
Direktur PT Sawit Golden Prima (SGP) Hery Susanto Gun alias Abun - MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Siti Aminah, PNS Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kutai Kertanegara, mengaku sering dibawakan makanan oleh Timotheus Mangintung saat dirinya mengurus penerbitan surat izin lahan perkebunan untuk PT Sawit Golden Prima (SGP). Timotheus merupakan anak buah dari Direktur PT SGP, Hery Susanto Gun alias Abun. 

Siti mengakui sempat bertemu dengan Timotheus beberapa kali saat ia ditugasi Abun mengurus izin lahan perkebunan PT SGP. 

"Pak Timo itu datang ke bagian administrasi pertanahan itu seingat saya 2-3 kali, pada saat pengajuan awal, dengan membawa berkas, dan mengantarkan berkas yang kurang," kata Siti saat bersaksi untuk tersangka Bupati nonaktif Kukar, Rita Widyasari di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Mei 2018.


Saat mengurus izin tersebut, Siti mengaku, Timotheus kerap membawakan berbagai macam makanan. Makanan itu kemudian ia bagi-bagikan kepada PNS di lingkungan Dinas Pertanahan Kukar. 

(Baca juga: Abun Sempat Diminta Rp9 Miliar oleh Staf Rita)

"Pak Timotheus kalau datang selalu bawa macam-macam. Membawa nasi kuning, kue-kue kecil, dibagikan ke seluruh ruangan. Jadi kita senang sama Pak Timotheus," imbuh dia. 

Siti sendiri saat itu menjabat sebagai staf administrasi di Dinas Pertanahan. Ia bertugas untuk mengurus draf permohonan penerbitan SK izin di dinas tersebut. 

Direktur Utama PT SGP Hery Susanto Gun alias Abun dituntut 4,5 tahun penjara. Abun dinilai terbukti menyuap Bupati nonaktif Kutai Kartanegara Rita Widyasari terkait pemberian izin lokasi perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman, Kukar. 

Akibat kasus ini, Bupati nonaktif Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari dan Komisaris PT Media Bangun Bersama Khairudin didakwa menerima gratifikasi uang sejumlah Rp469 miliar. Uang itu diterima Rita terkait perizinan pelaksana proyek pada dinas-dinas di Kabupaten Kukar. 

Rita dan Khairudin didakwa melanggar Pasal 12 huruf B Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP.

(Baca juga: Rita Diduga Beli Rumah dari Uang Suap Abun)





(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360