Sofyan Basir di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019. MI/Bary Fathahilah.
Sofyan Basir di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019. MI/Bary Fathahilah.

Sofyan Basir Semringah Divonis Bebas

Nasional Korupsi PLTU Riau-1
Fachri Audhia Hafiez • 04 November 2019 14:55
Jakarta: Sofyan Basir divonis bebas dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Direktur Utama PT PLN itu bersyukur bebas dari jeratan hukum.
 
"Segala semua pihak membantu. Saya bersyukur kepada Allah, kasih yang terbaik buat saya hari ini bebas," kata Sofyan usai persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019.
 
Sofyan berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukungnya selama duduk di kursi pesakitan. Namun, ia enggan bicara lebih jauh tentang aktivitas usai divonis bebas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bisa mulai kerja, bebas di luar yang terbaik untuk semua masyarakat," ujar Sofyan.
 
Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta memvonis bebas Sofyan Basir dari dakwaan pertama maupun kedua JPU KPK. Peran membantu atau memfasilitasi terkait kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PLTU Riau-1 dinilai tak terbukti.
 
Pasal yang menjerat Sofyan pun gugur. Pasal yang dimaksud ialah Pasal 12 huruf a juncto Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 56 ke-2 KUHP
 
"Menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana dakwaan pertama dan kedua. Memerintahkan saudara Sofyan Basir untuk segera dibebaskan," ujar Ketua Majelis Hakim Hariono.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif