Jakarta: Anggota Ombudsman, Indraza Marzuki menilai sistem pengaduan masyarakat di Indonesia perlu diperbaiki. Beberapa kasus yang terjadi terkadang harus melalui cara viral baru dilirik pemerintah, salah satunya soal video curhatan anggota Damkar di Depok.
“Balik lagi bagaimana saluran pengaduan, lalu penerimaan dan penanganan pengaduan itu yang penting dalam salah satu standar pelayanan publik,” ucap Indraza dalam tayangan Metro TV, Senin, 29 Juli 2024.
Indraza menyebut saat masyarakat mengadu, pasti berharap bukan hanya didengar, melainkan ditindaklanjuti. Menurut Indraza, seharusnya seluruh pengaduan ditanggapi dan diberikan penjelaskan kepada pelapor.
“Menurut saya apapun pengaduan harus ditanggapi, diberikan penjelasan dan pemahaman kepada pelapor sehingga mereka bisa memahami, karena apapun juga pengaduan tidak bisa sekaligus pas diterima bisa langsung diselesaikan,” ucap Indraza.
Seorang petugas Damkar Kota Depok, Sandi Butar Butar, menjadi sorotan lantaran membuat video terkait alat dan mobil dinas yang rusak. Sandi mengajak warganet untuk room tour dengan memperlihatkan sejumlah peralatan mengalami kerusakan.
Selain gergaji mesin yang rusak, Sandi juga menunjukkan armada truk pemadam dalam kondisi rem tangan rusak. Sandi mengklaim kantor tempatnya sudah pernah membuat nota dinas dan melaporkan kerusakan sebagaimana yang ditunjukkan dalam video, tetapi hal tersebut belum mendapat respon dari pihak terkait.
Jakarta: Anggota
Ombudsman, Indraza Marzuki menilai sistem pengaduan masyarakat di Indonesia perlu diperbaiki. Beberapa kasus yang terjadi terkadang harus melalui cara viral baru dilirik pemerintah, salah satunya soal video curhatan anggota
Damkar di Depok.
“Balik lagi bagaimana saluran pengaduan, lalu penerimaan dan penanganan pengaduan itu yang penting dalam salah satu standar pelayanan publik,” ucap Indraza dalam tayangan Metro TV, Senin, 29 Juli 2024.
Indraza menyebut saat masyarakat mengadu, pasti berharap bukan hanya didengar, melainkan ditindaklanjuti. Menurut Indraza, seharusnya seluruh pengaduan ditanggapi dan diberikan penjelaskan kepada pelapor.
“Menurut saya apapun pengaduan harus ditanggapi, diberikan penjelasan dan pemahaman kepada pelapor sehingga mereka bisa memahami, karena apapun juga pengaduan tidak bisa sekaligus pas diterima bisa langsung diselesaikan,” ucap Indraza.
Seorang petugas Damkar Kota Depok, Sandi Butar Butar, menjadi sorotan lantaran membuat video terkait alat dan mobil dinas yang rusak. Sandi mengajak warganet untuk
room tour dengan memperlihatkan sejumlah peralatan mengalami kerusakan.
Selain gergaji mesin yang rusak, Sandi juga menunjukkan armada truk pemadam dalam kondisi rem tangan rusak. Sandi mengklaim kantor tempatnya sudah pernah membuat nota dinas dan melaporkan kerusakan sebagaimana yang ditunjukkan dalam video, tetapi hal tersebut belum mendapat respon dari pihak terkait.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ADN)