Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR, Jakarta. MI/POOL
Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR, Jakarta. MI/POOL

Komjen Listyo Dilantik Menjadi Kapolri pada 27 Januari

Nasional polri kapolri Calon Kapolri
Siti Yona Hukmana • 25 Januari 2021 18:53
Jakarta: Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi kapolri. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu, 27 Januari 2021.
 
"Insyaallah jika tidak ada halangan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 25 Januari 2021.
 
Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengusulkan lima nama jenderal bintang tiga sebagai calon Kapolri ke Presiden. Dari lima nama itu, Kepala Negara memilih Komjen Listyo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Komjen Listyo Diminta Maksimalkan Aplikasi Pelaporan Masyarakat
 
Presiden mengajukan Komjen Listyo menjadi calon tunggal Kapolri ke DPR pada Rabu, 13 Januari 2021. Penunjukkan itu tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Jakarta.
 
Kemudian, Listyo menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III pada Rabu, 20 Januari 2021. Listyo memaparkan program kerjanya di depan anggota dewan.
 
DPR menyetujui Kabareskrim Polri itu menjadi Kapolri. Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang purna tugas 1 Februari 2021.

 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif