Ilustrasi internet. Medcom.id
Ilustrasi internet. Medcom.id

Komjen Listyo Diminta Maksimalkan Aplikasi Pelaporan Masyarakat

Nasional teknologi polri Calon Kapolri
Candra Yuri Nuralam • 25 Januari 2021 07:20
Jakarta: Kapolri terpilih Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo diminta memaksimalkan aplikasi pelaporan yang sudah tersedia. Aplikasi yang dirilis Korps Bhayangkara dinilai tidak berguna.
 
"Beberapa kawan-kawan (polisi) membuat aplikasi pelaporan, tapi faktanya saya beberapa kali mencoba menghubungi tidak ada respons sama sekali, robot saja tidak menjawab," kata peneliti Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto dalam telekonferensi, Minggu, 24 Januari 2021.
 
Bambang mengatakan polisi zaman sekarang harus melek teknologi. Pelaporan tindak kejahatan menggunakan aplikasi harusnya dikedepankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut Polri sering meluncurkan aplikasi laporan masyarakat. Namun, tak satu pun aplikasi itu bisa memanggil polisi.
 
(Baca: Komjen Listyo: Polri Perlu Mengedepankan Pendekatan Lembut)
 
"Pembuatan aplikasi yang mahal tetapi tidak berguna bagi masyarakat," ujar Bambang.
 
Dia berharapa Listyo memperbaiki hal itu. Pelaporan masyarakat tentang tindak pidana kejahatan tidak boleh ketinggalan zaman.
 
"Kepolisian harus cepat tanggap mengenai kasus hukum, mengenai ketertiban dan keamanan masyarakat. Ini tentunya harus menggunakan teknologi informasi sehingga respons itu bisa segera ditangani oleh kepolisian," tutur Bambang.
 
Bambang juga meminta aplikasi pelaporan itu bisa digunakan sampai pelosok negeri. Penggunaan aplikasi untuk melaporkan tindakan kejahatan diharapkan tidak hanya untuk kota-kota besar saja.
 
"Bagaimana nanti itu diimplementasikan di daerah-daerah pelosok yang nanti kesulitannya di situ," ucap Bambang.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif