Terdakwa kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Habil Marati. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Terdakwa kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Habil Marati. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Habil Marati Anggap Vonis Hakim untuk Menghibur Jaksa

Nasional
Fachri Audhia Hafiez • 27 Januari 2020 19:27
Jakarta: Terdakwa kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Habil Marati santai menanggapi vonis hakim yang menghukumnya satu tahun penjara. Dia menyebut vonis itu semata untuk menghibur jaksa.
 
"Jadi vonis ini adalah sekadar untuk menghibur jaksa dan penyidik kepolisian," ujar Habil usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Senin, 27 Januari 2020.
 
Habil menilai empat pucuk senjata api dan 117 peluru ilegal yang disebut dalam putusan hakim sudah ada sejak lama. Habil menilai hakim juga tak mampu membuktikan ada pemberian SGD15 ribu ke terdakwa lainnya, Kivlan Zen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada enggak tadi bisa membuktikan bahwa itu SGD15 ribu punya saya? Kan enggak ada, saya tidak dapatkan. Senjata tadi miliknya Kivlan milik Helmi Kurniawan alias Iwan, Tajudin alias Udin, bukan milik saya," ujar Habil.
 
Habil memastikan bakal mengajukan banding atas vonis hakim meski di muka persidangan mengaku masih pikir-pikir. "Ya itu kan diplomasi lah. Saya kan politis. Ya saya harus bebas," kata Habil.
 
Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menghukum Habil satu tahun penjara. Habil dinilai terbukti menyokong senjata api ke Kivlan Zen.
 
Habil terbukti terlibat pembelian empat pucuk senjata api dan 117 peluru ilegal. Habil juga dianggap terbukti memberikan SGD15 ribu atau sekitar Rp151,5 juta kepada Kivlan melalui Helmi Kurniawan alias Iwan.
 
Habil terbukti melanggar Pasal 1 ayat (1) UU Nomor 12/drt/1951 jo pasal 56 ayat (1) KUHP. Kasus yang menjerat Habil merupakan pengembangan dari aksi kerusuhan yang terjadi pada 21-22 Mei 2019.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif