Kartu STNK model baru. Foto: Istimewa
Kartu STNK model baru. Foto: Istimewa

STNK Bentuk Kartu Diuji Coba

Nasional polantas
Cindy • 01 November 2019 16:14
Jakarta: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menguji coba perubahaan materi baru surat tanda nomor kendaraan (STNK). STNK bakal dibuat menjadi kartu.
 
"Sedang kita kaji yang mana terbaik ya (antara surat atau kartu)," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Refli Andri di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat, 1 November 2019.
 
Menurut dia, STNK tak akan dibuat dalam bentuk kertas lagi. Untuk itu, Korlantas Polri perlu membuat kajian secara mendalam terkait rencana perubahan materi itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti kita teliti mana yang lebih efisien, efektif, mana yang lebih modern," sambung Refdi.
 
Gambar perencanaan bentuk kartu STNK tersebut sudah tersebar. Bentukannya mirip surat izin mengemudi (SIM) pintar.
 
Di bagian atas kiri kartu STNK terdapat lambang kepolisian. Di bagian atas tengah, "Kepolisian Negara Republik Indonesia" dengan stabilo biru dan "Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor" tertulis.
 
Pada sisi kanan atas ada lambang STNK. Sementara itu, di bagian tengah terdapat informasi STNK pada umumnya, seperti nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB), nama dan alamat pemilik, tipe kendaraan, mode, nomor mesin, warna dan masa berlaku kendaraan.
 
Ada juga tambahan cip berwarna kuning di bagian bawah kiri kartu. Kartu ini memiliki warna gradasi merah dan putih dengan latar belakang gambar gedung Mabes Polri.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif