Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Antara/Indrianto Eko
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Antara/Indrianto Eko

KPK Agendakan Kembali Pemanggilan Aher

Nasional meikarta
M Sholahadhin Azhar • 07 Januari 2019 19:43
Jakarta: Eks Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebut pihaknya akan mengagendakan pemanggilan ketiga untuk Aher.

"Iya, rencana dipanggil kembali untuk kebutuhan pemeriksaan," kata Febri di Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.

Ia menyebut mangkirnya Aher merupakan kali kedua setelah sebelumnya tak memenuhi pemanggilan KPK pada Kamis, 20 Desember 2018. Padahal kehadiran Aher amat penting untuk menggali kasus suap proyek Meikarta di Bekasi, Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca juga: KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Aher Januari 2019 Selain Aher, KPK juga memanggil Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, terkait kasus serupa. Pun demikian, Sumarsono meminta penjadwalan ulang lantaran sedang melakukan perjalanan dinas ke London, Inggris.

"Kami mendapat surat pemberitahuan permintaan penjadwalan ulang Kamis, 10 Januari 2019, karena ada kegiatan lain," kata Febri.

Hari ini KPK mengagendakan 15 orang saksi dan enam tersangka untuk pengusutan sembilan perkara. Aher dan Sumarsono adalah dua dari tiga saksi yang tidak hadir. Saksi terakhir yang mangkir yakni Kepala Divisi Manajemen Konstruksi PT Arkonin, Juswadji.

Baca juga: Suap Meikarta Demi Kepentingan Lippo Group

Febri menyebut Juswadji dipanggil sebagai saksi kasus dugaan korupsi gedung kampus IPDN Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada Kemendagri Tahun Anggaran 2011.

"Hingga sore ini penyidik belum menerima informasi alasan ketidakhadiran saksi," tandas Febri.




(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi