Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

KY Bakal Kembangkan Kasus Sudrajad Dimyati, Khususnya Terkait Etik

Indriyani Astuti • 27 September 2022 22:56
Jakarta: Komisi Yudisial (KY) menyatakan akan bergerak terkait kasus dugaan suap yang menjerat hakim agung Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati. KY akan mengembangkan kasus ini, khususnya terkait ranah etik.
 
"Jadi bisa saja kita akan mengembangkan pada hakim lain yang mungkin tidak bisa masuk ranah KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) tapi bisa masuk ranah KY," kata Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata dalam keterangannya, dikutip Selasa, 27 September 2022.
 
Mukti mengatakan KY telah berkoordinasi dengan KPK dan MA terkait kasus dugaan suap yang menjerat hakim agung Sudrajad Dimyati. Sehingga, proses penegakan hukum dan etik berjalan komperehensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sangat mungkin kita akan meneriksa pihak-pihak terkait. KY akan bergerak pada wilayah etik," ujar dia.
 

Baca: Usut Suap di MA, KY Tukeran Informasi dengan KPK


KY mengatakan akan melakukan pengawasan terpadu bersama KPK terkait penegakan hukum. KY juga bakal melakukan pengawasan terpadu bersama MA, khususnya terkait kode etik dan pedoman perilaku hakim.
 
"KY mengajak KPK dan MA bersama-sama melakukan tindakan pengawasan terhadap penyalahgunaan kewenangan dari hakim," tutur Mukti.
 
Menurut dia, MA telah memberikan kesempatan pada KY untuk melakukan pemeriksaan awal terkait kasus Sudrajad, sebelum sidang etik dilaksanakan.
 
"MA mendorong KY silakan menjakankan tugas dan kewenangannya," ucap dia.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif