Sekretaris Dinas (Sekdis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto (tengah) berjalan menuju mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (11/12/18). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Sekretaris Dinas (Sekdis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto (tengah) berjalan menuju mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (11/12/18). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Penyuap Bupati Cirebon Segera Diadili

Nasional OTT Bupati Cirebon
Juven Martua Sitompul • 11 Desember 2018 21:17
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas tersangka Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto ke jaksa penuntut. Gatot segera diadili atas kasus dugaan suap terkait mutasi, rotasi dan promosi jabatan di Pemkab Cirebon.

"Penyidikan untuk tersangka GR (Gatot Rachmanto) telah selesai dan hari ini dilakukan pelimpahan barang bukti dan tersangka ke penuntutan (tahap II)," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa, 11 Desember 2018.

Dengan dilimpahkannya berkas perkara itu, kata Febri, jaksa penuntut memiliki waktu 14 hari menyusun surat dakwaan Gatot. Sidang rencananya digelar di Pengadilan Tipikor Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca juga: Bupati Cirebon Jadi Tersangka Suap Febri mengatakan sebanyak 27 saksi telah diperiksa penyidik dalam proses pengusutan kasus ini. Mereka yang diperiksa terdiri dari sejumlah unsur di antaranya, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Cirebon, Camat Beber Kabupaten Cirebon, Kabid Bintek PUPR, PNS Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR Cirebon Kabupaten Cirebon, dan sejumlah PNS di lingkungan Pemkab Cirebon.

"Sementara tersangka GR juga secara ketentuan telah memenuhi pemeriksaan oleh tim penyidik sebanyak dua kali," pungkasnya.

Baca juga: Kilah PDIP soal Aliran Suap Bupati Cirebon

KPK menetapkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait mutasi jabatan, proyek dan perizinan di Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2018.

Dalam kasus ini, Sunjaya diduga telah menerima suap dari Gatot sebesar Rp100 juta. Uang itu bagian fee atas mutasi dan pelantikan Gatot sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Nico Siahaan jadi Saksi Kasus Suap di Cirebon

Atas perbuatannya, Sunjaya selaku penerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara, Gatot sebagai pihak pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.


(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi