Kilah PDIP soal Aliran Suap Bupati Cirebon

M Sholahadhin Azhar 02 Desember 2018 08:25 WIB
OTT Bupati Cirebon
Kilah PDIP soal Aliran Suap Bupati Cirebon
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: PDI Perjuangan membantah dugaan aliran suap yang diterima Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra masuk ke partai. Uang suap sebanyak Rp250 juta diduga dialirkan Sunjaya untuk membiayai acara Sumpah Pemuda di JI-Expo, Jakarta, yang digelar PDI Perjuangan pada Oktober 2018 lalu.

"Untuk sumpah pemuda itu memang dengan cara gotong royong tidak ada dana korupsi di situ," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di DPP PDI Perjuangan, Sabtu, 1 Desember 2018.

Hasto mengklaim telah mengonfirmasi langsung soal aliran suap itu kepada kadernya, anggota Komisi I DPR RI, Nico Siahaan. Nico diketahui sebagai ketua panitia pelaksana acara Sumpah Pemuda tersebut,


PDI Perjuangan berkukuh acara sumpah pemuda itu dibiayai oleh urunan para kader. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu mengelak menerima aliran suap dari Sunjaya.

(Baca: Kegiatan Sumpah Pemuda PDIP Diduga Menggunakan Uang Suap)

Padahal, penyidik KPK telah menerima pengembalian uang sebanyak Rp250 juta dari pihak lain, diduga sebagai salah satu panitia acara Sumpah Pemuda tersebut. Bahkan, pengembalian uang itu sudah dimasukkan ke berita acara dan berkas penyidikan Sunjaya.

"Itu kan artinya mungkin orang perorang, kami akan memberikan teguran sanksi kami akan lakukan evaluasi dulu, tapi partai tidak menerima hal tersebut," kilah Hasto.

KPK sebelumnya memeriksa Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Nico Siahaan sebagai saksi untuk tersangka Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon. Penyidik mendalami soal dugaan aliran suap ke acara Sumpah Pemuda, yang digagas PDI Perjuangan di JI-Expo, Jakarta, pada Oktober 2018 lalu. Nico merupakan Ketua Panitia Peringatan Sumpah Pemuda tersebut.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id