Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet. (Foto: Medcom.id/Fachri Audia Hafiez)
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet. (Foto: Medcom.id/Fachri Audia Hafiez)

Jaksa Pertanyakan Frasa 'Setan' Ratna Sarumpaet

Nasional Kabar Ratna Dianiaya
Fachri Audhia Hafiez • 14 Mei 2019 18:12
Jakarta: Jaksa Penuntut Umum (JPU) mencecar terdakwa kasus dugaan penyebar berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet, mengenai ucapan 'setan'. Itu diucapkan Ratna saat menggelar konferensi pers 3 Oktober 2018.
 
Jaksa menaruh curiga dengan sosok 'setan' yang diucapkan Ratna. Sosok yang dibicarakan Ratna diduga merujuk kepada orang lain yang menyuruhnya melakukan kebohongan.
 
"Tidak ada. Itu hanya dalam pikiran saya," ujar Ratna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 14 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan juru kampanye nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu merasa kebohongannya adalah perbuatan setan, karena baru pertama kali dilakukan.
 
"Kesalahan yang saya lakukan, kebohongan itu perbuatan setan. Orang seperti saya enggak pernah bohong," ucap Ratna.
 
Baca juga:Hakim Anggap Ratna Sarumpaet Tak Konsisten
 
Dalam konferensi pers yang Ratna lakukan untuk mengungkap kebohongannya, ia sempat menyebut itu merupakan khayalan. Ratna mengakui bahwa dia operasi plastik, bukan dipukuli oleh orang tak dikenal.
 
"Hanya cerita khayalan yang diberikan entah oleh setan mana ke saya dan berkembang seperti itu," ucap Ratna saat jumpa pers di kediamannya di Jakarta Selatan, Rabu, 3 Oktober 2018.
 
Akibat kebohongan yang dia buat itu, Ratna Sarumpaet harus rela duduk di kursi pesakitan. Dia didakwa menyebarkan berita bohong atau hoaks. Jaksa menilai, cerita bohong yang dirangkai Ratna seolah-olah benar terjadi penganiayaan.
 
Ratna didakwa melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif