Pemilik PT Duta Palma Group Surya Darmadi (kemeja putih). Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Pemilik PT Duta Palma Group Surya Darmadi (kemeja putih). Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

KPK Timbang Limpahkan Kasus Suap Surya Darmadi ke Kejagung

Candra Yuri Nuralam • 04 Oktober 2022 08:59
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membahas kelanjutan kasus dugaan suap yang menjerat pemilik PT Duta Palma Group Surya Darmadi. Nasib penanganan kasus itu butuh kesepakatan banyak pihak di KPK.
 
"Tadi sudah dibahas dengan pimpinan, kemungkinan kami akan bahas dulu dengan penyidik di tingkat kedeputian, nanti apa putusannya, apakah melimpahkan, apakah akan terus melakukan penyelidikan sendiri baru akan kami putuskan secara bersama," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2022.
 
Karyoto tidak mempermasalahkan jika kasus suap Surya Darmadi diserahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung). KPK dan Kejagung senafas dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu semua satu kesatuan, tapi yang satu di bagian tertentu, yang satu di bagian tertentu lainnya," ujar Karyoto.
 

Baca: Minta Dijadikan Tahanan Rumah, Surya Darmadi: Umur Saya Pendek Kalau Diisolasi


Namun, keputusan penyerahan kasus harus disetujui banyak pihak. Perkara itu tidak akan pindah tangan jika cuma segelintir orang di KPK yang setuju.
 
"Karena tidak mungkin mau-maunya saya, mau-maunya penyidik. Ini di sini semuanya putusan tingkat terakhir adalah forum ekspose pimpinan," tutur Karyoto.
 
Karyoto ingin kasus suap pemilik PT Duta Palma Group Surya Darmadi dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Keinginan melimpahkan kasus ini juga terpikirkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.
 
"Pak Alex pun sependapat, lebih baik dilimpahkan, mana yang lebih komprehensif, saya rasa di kejaksan lebih komprehensif," kata Karyoto di Jakarta, Jumat, 9 September 2022.
 
Pelimpahan dinilai bisa membuat penanganan perkara menjadi lebih cepat. KPK juga tidak perlu bolak-balik memeriksa Surya.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif