Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Survei Indikator Politik: 57,7% Responden Setuju Aparat Semena-mena

Nasional tni-polri demokrasi Demokrasi Indonesia
Fachri Audhia Hafiez • 25 Oktober 2020 16:14
Jakarta: Sebanyak 57,7 persen responden sependapat aparat semena-mena kepada masyarakat yang berbeda pandangan politik dengan penguasa. Data ini terungkap dalam Survei Indikator Politik Indonesia.
 
Sebanyak 19,8 persen sangat setuju dan 37,9 persen agak setuju aparat represif. Sedangkan 31,8 persen kurang setuju dan 4,7 persen tidak setuju sama sekali.
 
"Kalau saya gabung dengan sangat setuju dan agak setuju (aparat makin semena-mena) mayoritas setuju," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam 'Rilis Survei Nasional Indikator: Politik, Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi', yang disiarkan virtual, Minggu, 25 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Burhanuddin mewanti-wanti variabel kebebasan sipil. Dia mengingatkan jangan sampai kekecewaan tersebut menjadi terdistribusi ke depan.
 
(Baca: Survei: Warga Makin Takut Berpendapat hingga Sulit Berdemonstrasi)
 
Sebab situasi yang sama juga berimplikasi pada 69,6 persen responden yang takut menyatakan pendapat. Kemudian, 73,8 responden setuju sulit berdemonstrasi atau menyampaikan pendapat di muka umum.
 
Burhanuddin berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperhatikan situasi ini untuk keberlangsungan hidup berdemokrasi. "Karena bagaimanapun ada ekspektasi kepada Presiden Jokowi, beliau sebagai presiden yang lahir di era reformasi menjaga warisan paling mahal demokrasi yaitu kebebasan," ujar Burhanuddin.
 
Survei dilakukan pada 24-30 September 2020 dengan asumsi metode simple random sampling. Responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif