Mantan Dirut PLN Sofyan Basir. MI/Bary Fathahilah.
Mantan Dirut PLN Sofyan Basir. MI/Bary Fathahilah.

Jaksa Dinilai Tak Mampu Buktikan Kejahatan Sofyan

Nasional Korupsi PLTU Riau-1
Fachri Audhia Hafiez • 04 November 2019 15:46
Jakarta: Jaksa KPK dinliai tak mampu membuktikan fakta keterlibatan Sofyan Basirdalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1. Hal itu yang membuat pengadilan membebaskan Sofyan.
 
"Kita mengatakan bahwa setiap orang itu dituduh, didakwa itu mesti berdasarkan fakta," kata Soesilo Aribowo selaku pengacara Sofyan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019.
 
Salah satu yang disoroti ialah Pasal 56 KUHP yang dinilai berhubungan dengan kasus Sofyan. Pasal mengenai pembantuan itu tak terbukti melalui keterangan saksi yang dihadirkan di persidangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasal 56 itu pasal mengatur pembantuan. Ketika tindak pidana terjadi atau sebelum, nah ini kita lihat sama-sama ketika suap itu terjadi Sofyan Basir tidak tahu," jelas Soesilo.
 
Dalam pertimbangan majelis hakim, mantan Direktur Utama PLN itu disebut tak mengetahui pembagian fee antara pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo dan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih.
 
Kotjo melakukan kesepakatan pemberian fee agent proyek pembangunan PLTU Riau-1 kepada sejumlah pihak, sebesar 2,5 persen atau sejumlah USD25 juta.
 
"Sehingga majelis tadi mengatakan unsur pembantuan yang harus disengaja dan diketahui dan dipahami tidak ada. Itu sudah sesuai dengan faktanya," ujar Soesilo.
 
Sofyan terlepas dari jeratan tuntutan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider tiga bulan kurungan. Dia juga lepas dari dari ancaman Pasal 12 huruf a juncto Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 56 ke-2 KUHP.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif