Pelaksana tugas Kepala BPIP Hariyono (kiri) saat melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kepala BNPT Suhardi Alius. Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
Pelaksana tugas Kepala BPIP Hariyono (kiri) saat melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kepala BNPT Suhardi Alius. Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id

Pencegahan Radikalisme Harus Dilakukan Sejak Dini

Nasional Tangkal Radikalisme
Theofilus Ifan Sucipto • 01 November 2019 15:53
Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dalam memberantas paham radikal. Pelaksana tugas Kepala BPIP Hariyono menekankan pencegahan radikalisme harus dilakukan sejak dini.
 
"Harapannya ancaman radikalisme bisa kita deteksi sejak dini," kata Hariyono di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019.
 
Hariyono mengatakan BPIP dan BNPT akan saling melengkapi dalam menangkal radikalisme. Namun, kedua lembaga negara tersebut baru membuat perjanjian kerja sama secara formal pada hari ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hariyono pun meminta masyarakat tak lagi perlu takut dengan ancaman radikalisme. Dia menyebut pendiri bangsa bercita-cita membuat masyarakat hidup damai, adil, dan makmur.
 
Salah satu warisan pendiri bangsa ialah Pancasila. Hariyono menilai Pancasila merupakan simbol perubahan mental.
 
"Pancasila adalah ideologi yang mengubah dari mental dijajah menjadi merdeka," ujar dia.
 
Menurut Hariyono, teroris tidak merdeka sejak dalam pikiran. Sebab, kehadirannya tidak membahagiakan masyarakat.
 
Di sisi lain, Hariyono mengatakan masyarakat tidak bisa menolak perkembangan zaman. Masyarakat harus ikut menjaga nasionalisme di dunia internasional.
 
"Kita harus bergaul dengan dunia luar namun perlu kecerdasan dan kewaspadaan," pungkasnya.
 
BPIP dan BNPT menandatangani nota kesepahaman melawan radikalisme. Mereka menyepakati tujuh ruang lingkup kerja sama. Misalnya, penyiapan bahan ajar dan metode pembinaan ideologi Pancasila.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif