Mantan Panglima TNI (Purn) Jenderal Djoko Santoso. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Mantan Panglima TNI (Purn) Jenderal Djoko Santoso. Foto: MI/Bary Fathahilah.

BPN Dilaporkan dengan Tuduhan Makar

Nasional kasus makar
Ilham Pratama Putra • 21 Mei 2019 18:40
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri atas tuduhan makar. Ketua BPN Djoko Santoso beserta seluruh jajarannya menjaditerlapor.
 
"Jadi kami datang ke Bareskrim ini untuk melaporkan adanya dugaan tindak pidana makar. Yang kami laporkan adalah BPN, yang sekarang sudah berubah menjadi Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat," kata advokat Miko Napitupulu sebagai pelapor di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Mei 2019.
 
Menurut dia, rangkaian kegiatan BPN Prabowo-Sandi yang melancarkan tudingan adanya kecurangan Pemilu di Hotel Grand Sahid pada Selasa, 14 Mei 2019, termasuk rentetan rencana people power. Dia menilai aksi ini harus diproses secara hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sampaikan dalam laporan ini ada surat keputusan dari BPN di situ ada saudara Amien Rais (politikus Partai Amanat Nasional atau PAN), Djoko Santoso, dan banyak nama lain. Semua di situ ada surat keputusan dari BPN," tutur Miko.
 
Surat laporan itu teregister dengan nomor laporan LP/B0495/V/2019Bareskrim tanggal 21 Mei 2019. Laporan itu dibuat oleh Miko sendiri.
 
Baca: Pengancam Penggal Kepala Memohon Maaf kepada Jokowi
 
Ia melaporkan BPN atas tuduhan tindak pidana terhadap keamanan negara dan atau makar yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 110 juncto Pasal 108 (1) dan atau Pasal 163 bis juncto Pasal 146.
 
Miko juga menyertakan sejumlah barang bukti. Alat itu berupa rekaman video penyataan dari Amien Rais dan politikus PAN Eggi Sudjana serta beberapa surat keputusan dari BPN Prabowo-Sandi.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif