Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Populer Nasional: Prajurit TNI Ditarik dari Poso Hingga Wali Kota Ambon Tersangka Suap

Nasional Jokowi poso Gratifikasi Kasus Suap Kepala Daerah Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Nasional Penjabat kepala daerah Satgas Operasi Madago Raya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Richard Louhenapessy
Achmad Zulfikar Fazli • 14 Mei 2022 07:06
Jakarta: Sejumlah isu menjadi yang terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id pada Jumat, 13 Mei 2022. Mulai dari penarikan prajurit TNI di Poso, Sulawesi Tengah, hingga penetapan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy sebagai tersangka kasus dugaan suap.

Berikut tiga berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. Panglima Tarik Sebagian Prajurit TNI dari Operasi Madago Raya Poso

Sebagian prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Madago Raya untuk menumpas kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) mulai ditarik dari Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Penarikan pasukan dilakukan bertahap.
 
"Ratusan prajurit TNI sudah ditarik dan dikembalikan ke kesatuan masing-masing secara bertahap sejak Maret lalu," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat melakukan kunjungan kerja di Palu, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Baca: Panglima TNI: Penumpasan KKB Papua Berlangsung Jangka Panjang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan prajurit TNI yang diterjunkan menumpas kelompok MIT di Poso sebanyak 267 prajurit. Dari jumlah itu sebanyak 167 prajurit telah dikembalikan ke kesatuan masing-masing dan kini tinggal 100 prajurit berada di lapangan.
 
Selengkapnya baca di sini

2. Presiden Jokowi Bentuk Tim Seleksi Internal Memilih Penjabat Kepala Daerah

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan proses pemilihan penjabat (Pj) kepala daerah dilakukan secara demokrasi meski tidak melalui pemilihan umum (pemilu). Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk tim untuk menyaring Pj kepala daerah berkualitas.
 
"Beliau (Presiden Jokowi) bentuk tim. Dipimpin langsung oleh beliau. Ada di dalamnya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktikno, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Kepala Badan Kepegawain Negara (BKN) Bima Haria Wibisana," ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik saat dikonfirmasi, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Akmal menerangkan terdapat 662 pejabat tinggi madya di Indonesia yang berpeluang menjadi Pj gubernur. Tim bertugas memetakan sosok yang paling berkompeten sebagai Pj.
 
"Karena Bapak Presiden (Jokowi) orangnya demokratis, beliau menekankan pentingnya akuntabilitas, maka dibentuk tim. Beliau sangat akuntabel. Karena ini political appointed, maka dibutuhkan demokrasi appointed ala presiden," jelas Akmal.
 
Selengkapnya baca di sini

3. Wali Kota Ambon Ditetapkan Tersangka Suap dan Gratifikasi


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (RL) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait persetujuan izin prinsip pembangunan cabang retail di Ambon pada 2020. Dia juga ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi.
 
"KPK menelaah dan menganalisa dan melanjutkan ke tahap penyelidikan yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup. Sehingga, KPK sejak awal April 2022 meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Baca: Mengaku Sakit, Wali Kota Ambon Jalan-jalan ke Mal
 
Richard ditetapkan sebagai tersangka bersama Staf Tata Usaha Pimpinan pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Andrew Erin Hehanussa (AEH) dan karyawan Alfamidi Kota Ambon, Amri (AR). Amri masih dinyatakan buron.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Artikel di Kanal Nasional Medcom.id terus diperbarui. Klik di sini untuk mengikuti perkembangan informasinya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif