Ilustrasi- Massa melakukan perlawanan ke arah Brimob di Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari. ANT/Risyal Hidayat.
Ilustrasi- Massa melakukan perlawanan ke arah Brimob di Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari. ANT/Risyal Hidayat.

Kejaksaan Tinggi DKI Terima SPDP Kerusuhan 21-22 Mei

Nasional kerusuhan Demo Massa Penolak Pemilu
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Juni 2019 08:37
Jakarta: Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) tersangka kerusuhan 21-22 Mei. Sebanyak 14 SPDP telah diterima, dengan jumlah tersangka 79 orang.
 
"Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) sebanyak 14 SPDP dengan jumlah tersangka 79 orang dari Kepolisian Daerah Metro
Jaya (Polda Metro Jaya) dalam perkara dugaan tindak pidana kerusuhan di Jakarta, 21-22 Mei 2019," Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejati Mukri di Jakarta, Selasa 18 Juni 2019.
 
Para tersangka disangkakan melanggar lima pasal dari Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Di antaranya, pasal 170 KUHP, pasal 212 KUHP, pasal 214 KUHP, pasal 218 KUHP, pasal 187 KUHP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahwa dengan diterimanya SPDP tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menerbitkan surat perintah penunjukan Tim Jaksa Penuntut Umum yang beranggotakan 2 (dua) orang Jaksa untuk masing-masing SPDP dalam mengikuti perkembangan penyidikannya," ujarnya.
 
Baca: Kivlan Ngotot Difitnah
 
Sebelumnya, Polisi menetapkan status tersangka terhadap 447 orang yang diduga melakukan kerusuhan 21-22 Mei 2019 di depan Gedung Bawaslu, Jakarta. Sebanyak 67 di antaranya masih berusia di bawah umur.
 
Perusuh itu membakar ban serta melempari aparat keamanan yang menjaga demonstrasi. Massa juga merusak gerai cepat saji di pusat perbelanjaan Sarinah.
 
Kepolisian bertindak cepat dengan menangkap ratusan pembuat onar tersebut. Para pelaku yang ditangkap merupakan bagian dari massa perusuh. Mereka terpisah dari massa aksi damai yang berdemonstrasi di depan Bawaslu.
 
Penangkapan dilakukan di beberapa titik kerusuhan. Titik itu adalah Jalan MH Thamrin, depan Kantor Bawaslu, daerah Monumen Patung Kuda Arjuna Wiwaha, kawasan Menteng, Slipi, dan Petamburan.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif