Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Medcom.id/Candra
Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Medcom.id/Candra

Nah Loh! KPK Usut Harga Sewa Jet Pribadi Lukas Enembe dan Keluarga

Candra Yuri Nuralam • 28 September 2022 14:15
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur Asia Cargo Airline Revy Dian Permata Sari pada Selasa, 27 September 2022. Dia diminta memberikan informasi soal penyewaan pesawat jet pribadi yang dilakukan Gubernur Papua Lukas Enembe.
 
"Saksi hadir di dalami pengetahuan saksi di antaranya soal adanya beberapa kali sewa private jet yang dilakukan oleh LE (Lukas Enembe) dan keluarga," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 28 September 2022.
 
Ali enggan memerinci total penyewaan pesawat jet pribadi itu. Penyewaan ini diyakini berkaitan dengan kasus Lukas.
 

Baca: Gercep Dong KPK, Segera Jemput Paksa Lukas Enembe


Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengerjaan proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua. Lembaga Antikorupsi masih belum menahan Lukas meski status tersangkanya sudah dibeberkan ke publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK sejatinya mau meminta keterangan Lukas dalam kasus ini pada Senin, 26 September 2022. Namun, dia mangkir dengan dalih sakit.
 
KPK mengaku bingung Lukas terus berkoar-koar meminta izin untuk berobat ke luar negeri. Padahal, Lembaga Antikorupsi sudah membuka pintu kepada Lukas agar kesehatannya diperiksa sebelum diizinkan berobat ke luar negeri.
 
"LE (Lukas Enembe) cukup datang penuhi panggilan dan berikan keterangan di hadapan penyidik kami, termasuk menunjukkan kondisinya yang jika benar sakitnya hanya dapat berobat ke luar negeri," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango di Jakarta, Rabu, 28 September 2022.
 
Nawawi mengatakan pihaknya pasti memberikan izin jika penyakit Lukas hanya bisa disembuhkan oleh dokter di luar negeri. Namun, sebelum pergi ke luar negeri Lukas harus memberikan bukti ke penyidik dan tim medis KPK.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif