Founding Director Centre for Trust, Peace, and Social Relation Coventry University Inggris Michael Hardy. Medcom.id/Theo
Founding Director Centre for Trust, Peace, and Social Relation Coventry University Inggris Michael Hardy. Medcom.id/Theo

Evaluasi Coventry University Inggris Soal Pengamanan Stadion Indonesia

Theofilus Ifan Sucipto • 01 Februari 2023 14:13
Jakarta: Coventry University Inggris memaparkan evaluasi kursus manajemen pengamanan stadion. Ada sejumlah catatan bagi Polri dan pemangku kepentingan lainnya.
 
"Saya mengamati banyak elemen yang dibutuhkan agar laga sepak bola aman dan nyaman," kata Founding Director Centre for Trust, Peace, and Social Relation Coventry University Inggris Michael Hardy di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Februari 2023.
 
Michael memerinci elemen tersebut, yakni teknis komunikasi antarpemangku kepentingan. Kemudian teknis mengoordinasikan tanggung jawab masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Serta bagaimana kita berkolaborasi mengembangkan infrastruktur dan iklim sepak bola yang aman, nyaman, dan menyenangkan," papar dia.
 
Michael mengutip pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Listyo menyebut Indonesia punya banyak atlet bertalenta khususnya di dunia sepak bola.
 
"Kami merasa terhormat bisa bergabung dengan para pemangku kepentingan di kesempatan ini," ujar dia.
 

Baca juga: Hasil Temuan Kursus Pengamanan Stadion, Polri: Manajemen Risiko Belum Maksimal


 
Michael menilai Listyo tidak main-main mereformasi pengamanan sepak bola. Hal itu terbukti dari terselenggaranya kursus manajemen pengamanan stadion dengan durasi persiapan yang realtif singkat.
 
"Ini menunjukkan seberapa serius beliau mau berusaha untuk masalah ini dan seberapa serius pemangku kepentingan mengambil bagian dalam tantangan ini," tutur dia.
 
Polri bekerja sama dengan Coventry University Inggris membuka kursus pengamanan stadion. Kursus yang berlangsung dari 25 Januari 2023 hingga 2 Februari 2023 itu untuk memastikan pertandingan sepak bola berlangsung lebih aman.
 
"(Tujuannya) untuk meningkatkan kemampuan kita dan kompetensi terutama penyelenggara," kata Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen Agung Setya Imam Effendi di Hotel Century Park, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Januari 2023.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif