Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menandatangani MOU dengan Bea Cukai/Medcom.id/Siti
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menandatangani MOU dengan Bea Cukai/Medcom.id/Siti

Teken MoU, Bareskrim-Bea Cukai Awasi Ekspor CPO

Nasional polri CPO minyak goreng Ditjen Bea Cukai Ekspor CPO Korupsi Minyak Goreng
Siti Yona Hukmana • 27 April 2022 14:29
Jakarta: Bareskrim Polri bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan perjanjian kerja sama (PKS) atau Memorandum of Understanding (MoU) mengawal kebijakan pemerintah. Salah satunya, mengawasi ekspor crude palm oil (CPO). 
 
"Utamanya akhir-akhir ini dengan kelangkaan minyak ya, keputusan pemerintah juga sudah jelas yang diekspor hanya CPO, nanti juga akan bisa kita tingkatkan lagi kegiatan kita untuk mengamankan jangan sampai ada problem turunan daripada CPO ini bisa keluar dari wilayah Indonesia," kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 27 April 2022. 
 
Agus menegaskan akan mengawal pembatasan ekspor produk turunan CPO tersebut. Ekspor CPO tidak dilarang, pelarangan ekspor hanya pada produk turunannya, termasuk minyak goreng

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini nanti kita akan kerja sama termasuk dengan wilayah untuk mencegah jangan sampai terjadi penyimpangan atas larangan yang sudah ditentukan oleh pemerintah, termasuk mempermudah proses ekspor CPO-nya, " ungkap jenderal bintang empat itu  
 
Baca: Jaksa Agung Perintahkan Jajaran Steril dalam Penanganan Kasus Minyak Goreng
 
Agus mengatakan perjanjian kerja sama dengan Bea Cukai bukan yang pertama. Sebelumnya, Bareskrim Polri kerja sama dengan Bea Cukai dalam pengusutan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). 
 
Selain mengawal ekspor CPO, kedua lembaga itu juga bersinergi dalam memberantas narkoba yang merupakan kejahatan transnasional.  Dirjen Bea dan Cukai Askolani menyebut ada lima aspek dalam perjanjian kerja sama itu. Rincian aspek ialah analisis bersama, operasi bersama dan koordinasi operasi penindakan atau penegakan hukum, knowledge sharing, press rilis bersama, dan adalah penyisihan barang bukti narkotika untuk mendukung K-9 (anjing pelacak yang ada di Beadan Cukai.
 
"Ini yang tadi kami tanda tangani bersama Pak Kabareskrim dan ini tentunya inshaAllah akan menjadi komitmen daripada langkah kami bersama untuk dilaksanakan dengan konsisten bersama semua jajaran yang ada di Bareskrim dan juga yang ada di Bea Cukai, " ujar Askolani. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif