Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (tengah). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (tengah). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Pengunduran Diri Lili Pintauli Disebut Tak Menghentikan Sidang Etik

Candra Yuri Nuralam • 04 Juli 2022 08:10
Jakarta: Sidang dugaan pelanggaran etik Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar disebut tidak bisa disetop meski Lili mau mengundurkan diri. Sidang etik harus terus berjalan jika belum ada surat pemberhentian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK sama sekali tidak akan menghentikan proses pemeriksaan etik di Dewan Pengawas KPK," kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana melalui keterangan tertulis, Senin, 4 Juli 2022.
 
Kurnia mengatakan aturan itu sesuai Pasal 32 ayat (1) huruf f juncto ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dewan Pengawas (Dewas) KPK diharap tidak mengulur waktu untuk menyidang Lili.
 

Baca: Dewas KPK Didesak Tegas Putuskan Pelanggaran Etik Lili Pintauli


"Selama keputusan presiden belum dikeluarkan, maka persidangan etik harus tetap digelar oleh Dewan Pengawas," ujar Kurnia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, sidang dugaan etik Lili juga diyakini tidak bisa dihentikan karena merupakan tindak pidana. Penerimaan tiket nonton MotoGP itu diyakini masuk dalam dugaan suap atau gratifikasi.
 
"Jadi, sekali pun Ia mengundurkan diri, proses hukum tidak akan berhenti," ujar Kurnia.
 
Kabar pengunduran diri itu berembus jelang Lili menjalani sidang etik dalam laporan dugaan penerimaan tiket menonton MotoGP Mandalika. Ketua KPK Firli Bahuri mengaku belum mengetahui kabar tersebut.
 
"Wah, aku belum tahu," kata Firli saat dikonfirmasi di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Juni 2022.
 
Lili dilaporkan ke Dewas KPK karena diduga menerima beberapa fasilitas saat menonton MotoGP di Mandalika. Dia diduga mendapatkan akomodasi hotel hingga tiket MotoGP dari salah satu perusahaan badan usaha milik negara (BUMN).
 
Persidangan Lili di Dewas KPK terkait laporan tersebut akan digelar pada Selasa, 5 Juli 2022. Sidang akan digelar secara tertutup dan hanya dibuka untuk umum saat pembacaan putusan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif