Ilustrasi kondisi di Papua/Istimewa
Ilustrasi kondisi di Papua/Istimewa

Semakin Brutal, KKB Tembak Satu Keluarga di Ilaga

Nasional polri Papua Penegakan Hukum kelompok bersenjata di papua
Siti Yona Hukmana • 04 Juni 2021 14:31
Jakarta: Kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang telah dilabeli teroris di Papua semakin brutal. Kelompok itu menembak satu keluarga kepala desa di kawasan Eromaga, Ilaga, Papua.
 
"Mereka melakukan aksi brutal yang menyebabkan lima korban masyarakat sipil tewas, setelah kemarin mereka menembak satu orang masyarakat sipil juga," kata Kepala Satuan Tugas (Satgas) Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusy, melalui keterangan tertulis, Jumat, 4 Juni 2021.
 
Korban tewas tersebut masih kerabat dari Kepala Desa Nipurlema Petianus Kogoya. Semuanya meninggal termasuk Petianus. Peristiwa itu terjadi siang ini. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: OPM Cari Perhatian Dunia Lewat Hoaks Bakar Bendera Indonesia
 
"Saat ini korban masih berada di Eromaga dan belum bisa dievakuasi, karena masih terjadi kontak tembak di sekitar Bandara Ilaga," ujar Iqbal.
 
Iqbal mengatakan warga dari 10 kampung di sekitar Eromaga mengungsi ke arah Kunga. TNI-Polri, masih mengejar pelaku penembakan warga Eromaga yang diduga KKB Talenggeng.
 
KKB sempat melakukan penembakan kepada warga sipil di Kampung Eronggobak Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua. Kejadian itu berlangsung, sekitar pukul 13.00 WIT, Kamis 3 Juni 2021 dan menewaskan warga, Habel Halenti, 30.
 
Korban yang hendak pulang ke Ilaga menggunakan mobil dinas Pemda Puncak dicegat dua anggota KKB. Mereka menodongkan senjata laras panjang dan pendek. Korban tewas ditembak di belakang leher.
 
"Korban mengalami luka tembak pada bagian leher kanan hingga tembus ke mulut dan terkena ricochet (pentalan peluru) pada bahu kiri," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Juni 2021.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif