Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)

Ratna Sarumpaet Sebut Dakwaan Berbuat Keonaran Lemah

Nasional Kabar Ratna Dianiaya
Ilham Pratama Putra • 23 April 2019 15:38
Jakarta: Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet Insank Rasruddin menyebut dakwaan berbuat keonaran atas kliennya lemah. Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya mendakwa Ratna telah menyebarkan berita bohong dan berbuat keonaran terkait penganiayaan alih-alih operasi plastik.
 
"Yang dimaksud keonaran di dunia maya itu seperti apa. Rujukannya apa, parameternya apa, nanti kami tanyakan kepada ahli yang diajukan oleh jaksa. Mengukur keonaran di dunia maya seperti apa?" kata Insank di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 23 April 2019.
 
Jika benar terjadi keonaran, kata Insank, pihaknya juga ingin mengetahui sebesar apa dampak dari keonaran tersebut. Selanjutnya, Insank juga meminta adanya uji materi terhadap berita bohong Ratna Sarumpaet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Rocky Gerung Jengkel Dibohongi Ratna Sarumpaet
 
"Apakah nanti japri (pesan pribadi melalui handphone) itu bisa dimaknai, apakah sudah melalui ITE. Apakah itu bentuk penyebaran, nanti akan kami uji. Menurut pendapat kami itu bukan, tetapi kita enggak tahu menurut hukum seperti apa," ujar Insank.
 
Kasus hoaks Ratna bermula dari foto lebam wajahnya yang beredar di media sosial. Sejumlah tokoh mengatakan Ratna dipukuli orang tak di kenal di Bandung, Jawa Barat. Ratna kemudian mengakui kabar itu tak benar. Mukanya lebam karena menjalani operasi plastik.
 
Ratna ditahan setelah ditangkap di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis, 4 Oktober 2018 malam. Saat itu, Ratna hendak terbang ke Chile.
 
Akibat perbuatannya, Ratna didakwa melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif