Ketua KY Jaja Ahmad Jayus. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Ketua KY Jaja Ahmad Jayus. Foto: MI/Rommy Pujianto.

KY Dorong RUU Jabatan Hakim Segera Disahkan

Nasional komisi yudisial
Dian Ihsan Siregar • 01 Januari 2019 06:12
Jakarta: Komisi Yudisial (KY) mendorong pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Jabatan Hakim yang tertunda dua tahun. Pengesahan beleid itu diyakini bisa memperjelas manajemen hakim dan fungsi pengawasan KY.
 
"KY sangat mendorong RUU Jabatan Hakim supaya menjadi jelas proses rekrutmen, proses rotasi, mutasi, dalam arti proses manajemen hakim, jelas posisi dan kedudukan dari para hakim itu. Apalagi terkait pengawasan bagian dari KY," kata Ketua KY Jaja Ahmad Jayus di Gedung KY, Jakarta, Senin, 31 Desember 2018.
 
Pada kesempatan yang sama, anggota KY Sukma Violetta menyatakan pihaknya ingin pelibatan lebih dalam proses rekrutmen atau rotasi hakim. Sebab, KY mempunyai riwayat hakim yang dibutuhkan dalam pengangkatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Usulan KY pembinaan terutama yang terkait promosi, mutasi. Promosi terutama. Di pengadilan tertentu saja dulu," jelas Sukma.
 
Tak hanya itu, RUU Jabatan Hakimjuga bisa menguatkan fungsi dan wewenang KY secara kelembagaan. Paling terpenting, KY bisa menjatuhkan sanksi atau hukuman kepada hakim jika melakukan kesalahan.
 
"Kita harap ada RUU Jabatan Hakim itu agar bisa menguatkan lembaga KY. Jadi, berharap pada RUU itu," pungkasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif