Polisi. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Polisi. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Dua Komisioner KPU Dipanggil Polisi Terkait Sengketa OSO

Nasional oesman sapta
Dian Ihsan Siregar • 30 Januari 2019 12:41
Jakarta: Wahyu Setiawan dan Ilham Saputra, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), dipanggil Polda Metro Jaya. Keduanya akan dimintai keterangan pada hari ini atau besok, Kamis, 31 Januari 2019, terkait pelaporan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Oedang (OSO).
 
"Iya benar, ada agenda tersebut," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 30 Januari 2019.
 
Agenda pemanggilan dua komisioner KPU, kata Argo, akan dibuat terpisah. Namun demikian, agenda pemanggilan masih sebatas klarifikasi terkait laporan OSO, bukan untuk diperiksa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahap klarifikasi yang dituduhkan oleh pelapor (OSO)," kata Argo
 
Selasa, 29 Januari 2019, Ketua KPU Arief Budiman dan Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi sudah diklarifikasi. Saat ini, laporan OSO masih tahap penyelidikan.
 
OSO melaporkan KPU pada Senin, 21 Januari 2019. KPU dituding tidak mau melaksanakan keputusan peradilan tentang pencalonan OSO sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
 
Baca: Petinggi KPU Ditanya Alasan Tak Loloskan OSO
 
Laporan OSO itu teregistrasi dengan nomor TBL/334/I/2019/PMJ/Dit.Reskrimum tertanggal 21 Januari 2019. Terlapor dalam pelaporan itu adalah Arief Budiman dan komisioner KPU lainnya.
 
Mereka disangkakan Pasal 421 KUHP juncto Pasal 216 ayat 1 KUHP mengenai tidak dilaksanakannya perintah undang-undang dan atau tidak melaksanakan putusan PTUN dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif