Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Polri Diminta Spesialkan Pemeriksaan Pedemo Anak

Nasional demo massa demo mahasiswa Demonstrasi Mahasiswa
Candra Yuri Nuralam • 02 Oktober 2019 13:07
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta kepolisian memperlakukan secara khusus anak yang jadi tersangka kerusuhan demo mahasiswa dan pelajar di Gedung DPR. Anak punya hak khusus yang perlu dipertimbangkan.
 
"Yaitu, sistem peradilan hukum anak khusus usia di bawah 14 tahun. Harus mengutamakan (dialog) orang tua dan guru. Dan dilihat kesalahannya di mana. Harus mengutamakan hak dasar anak," kata Komisioner KPAI Bidang Trafficking dan Eksploitasi Ai Maryati Solihah kepada Medcom.id, Rabu, 2 Oktober 2019.
 
Ai juga meminta kepolisian tidak menahan anak yang tidak terbukti melanggar hukum. Kepolisian, jelas dia, harus segera melepaskan mereka dan memanggil orang tuanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPAI menilai anak membutuhkan hak untuk mendapat bimbingan orang tua dan hak mendapatkan pendidikan yang layak sebagai hak dasar. Jika terlalu lama ditahan, hak tersebut tidak bisa didapatkan anak.
 
"Tentu kebutuhan mereka bertemu orang tua dan bersekolah ini KPAI tetap berada pada jalur perlindungan hak dasar mereka," tutur Ai.
 
Sebelumnya, kepolisian menambah dua tersangka baru terkait penyalahgunaan narkoba saat demo di gedung DPR, Senin, 30 September 2019. Para tersangka gunakan narkoba berbeda-beda.
 
"Tujuh orang positif narkoba, ada yang positif ganja, sabu, dan ekstasi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa, 1 Oktober 2019.
 
Argo mengatakan dari tujuh orang itu, empat di antaranya masih di bawah umur. Tersangka masih bisa bertambah mengingat polisi masih melakukan penggalian informasi dari tersangka.
 
"Empat orang yang positif narkoba berusia 18 tahun, FK berusia 15 tahun sementara FR, GR, dan MR berusia 17 tahun, sedangkan IPM, MAS, dan BS sudah di atas 17 tahun," ujar Argo.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif