Pelajar yang ikut demonstrasi diamankan di Polres Jakarta Utara - Medcom.id/Yurike Budiman.
Pelajar yang ikut demonstrasi diamankan di Polres Jakarta Utara - Medcom.id/Yurike Budiman.

Siswa SD Ikut Rombongan Pedemo Ikut Ditangkap

Nasional demo mahasiswa
Yurike Budiman • 02 Oktober 2019 05:47
Jakarta: Sebanyak 59 peserta aksi demo pelajar dibawa ke Polres Metro Jakarta Utara. Dua anggota dari rombongan itu merupakan siswa sekolah dasar (SD).
 
"Total ada 59 yang diamankan dan dua di antaranya siswa SD berusia 11 dan 12 tahun. Saat kami tanya, dia juga bingung, dan bilang hanya disuruh ikut," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, saat ditemui di Polsek Kelapa Gading, Selasa, 1 Oktober 2019.
 
Menurut Budhi, ke-59 pelajar ini ditangkap setelah polisi menerima laporan ada banyak siswa yang tidur di halaman Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara. Saat hendak dibawa, para siswa itu terlihat kelelahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat dia kami ajak ke Polres, dia takut dan sempat nangis pengen pulang, pengen ketemu orang tuanya karena memang anak kecil," kata dia.
 
Polres Jakut telah meminta bantuan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) untuk meminta keterangan para pelajar. Sebagian besar para pelajar dari luar daerah ini mengaku tertarik ikut demo karena tergiur uang Rp40 ribu.
 
"Biasa katanya dikasih uang jajan dari rumah Rp20 ribu, ya diimingi Rp40ribu kan tertarik," kata Budhi.
 
Kasubag Humas Polres Jakut Kompol Sungkono menyebut anak SD yang diamankan itu berasal dari Cirebon. "Ya, mereka yang masih SD itu dari Cirebon. Datang naik kereta sama kawan-kawannya itu," kata Sungkono.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif