Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden: KY Harus Perbaiki Rekrutmen Hakim

Andhika Prasetyo • 09 Maret 2022 10:44
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Komisi Yudisial (KY) terus menyempurnakan proses rekrutmen hakim. Upaya tersebut harus dilakukan demi menciptakan sistem peradilan yang kuat sehingga tercipta tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik.
 
"Komisi Yudisial harus menjamin ketersediaan hakim agung, hakim ad hoc, dan para hakim yang berintegritas melalui proses rekrutmen yang transparan, objektif, dan profesional," ujar Jokowi dalam Penyampaian Laporan Tahunan Komisi Yudisial yang dihadiri secara daring, Rabu, 9 Maret 2022.
 
Kepala Negara mengatakan Komisi Yudisial harus memastikan calon hakim yang diusulkan ke DPR memiliki rekam jejak terpuji, berintegritas, dan kompeten. Para calon hakim harus memiliki semangat juang dan komitmen tinggi dalam memerangi korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya Komisi Yudisial untuk meningkatkan integritas hakim dan menjaga kehormatan institusi peradilan sangat penting untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali," tutur dia.
 
Baca: KY Gandeng KPK Telusuri Harta Calon Hakim Ad Hoc
 
Presiden juga berpesan kepada KY untuk melaksanakan fungsi pengawasan eksternal yang independen dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, dia berharap kekuasan kehakiman yang merdeka dapat berjalan selaras dengan akuntabilitas peradilan.
 
"KY harus memastikan agar setiap perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran hakim dapat diselesaikan semaksimal mungkin agar kewibawaan, kehormatan dan keluhuran hakim, serta kehormatan institusi peradilan selalu terjaga," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif