Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez

Mundurnya Pegawai Dijamin Tak Ganggu Kinerja KPK

Nasional kpk Revisi UU KPK
Desi Angriani • 16 Desember 2019 18:14
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menjamin kinerja lembaga antikorupsi tak terganggu akibat mundurnya sejumlah pegawai. KPK jalan terus dalam memberantas rasuah.
 
"Sama sekali tidak akan terganggu. Saya jamin itu. Banyak orang yang ingin berkarya di KPK," kata Alexander di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.
 
Wakil ketua KPK periode 2019-2023 ini justru berharap pegawai yang mundur menebar benih antikorupsi di tempat kerja yang baru. Alexander meyakini mereka bisa memberikan pengaruh positif bagi bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Artinya kita berharap juga pegawai pegawai KPK mengundurkan diri, kerja di tempat yang baru membawa nilai-nilai KPK," tambahnya.
 
Pimpinan KPK tidak memaksa pegawai terkait rencana peralihan status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pegawai KPK mesti mengundurkan diri bila tak ingin diangkat jadi ASN.
 
"Yang saya harapkan, jangan sampai orang itu keluar karena sakit hati. Kan gitu kan," ungkapnya.
 
Pegawai KPK akan beralih status menjadi ASN. Ini merupakan konsekuensi berlakunya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
Pasal 1 ayat (6) menyebutkan kalau pegawai KPK adalah ASN sebagaimana dimaksud peraturan perundang-undangan mengenai ASN. Kemudian, Pasal 69C menyatakan pegawai KPK yang belum berstatus ASN dalam jangka waktu dua tahun sejak UU berlaku, dapat diangkat sebagai ASN sesuai ketentuan yang berlaku.
 
Hingga saat ini sudah ada 12 pegawai KPK yang mundur. Mereka diduga mundur setelah UU KPK hasil revisi diberlakukan.
 

 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif