Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono--Metrotvnews.com/Achmad Zulfikar Fazli
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono--Metrotvnews.com/Achmad Zulfikar Fazli

Gerindra Bantah Prabowo Lembek Soal Natuna

Nasional indonesia-tiongkok blok natuna Laut Natuna Utara
Whisnu Mardiansyah • 06 Januari 2020 17:23
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono membantah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak tegas soal Laut Natuna Utara yang diklaim Tiongkok. Ferry menyebut Prabowo mengutamakan diplomasi damai.
 
"Tegas tidak selalu perang, ketika ada sengketa seperti Natuna ada jalur diplomasi. Ya menurut saya seperti itu sambil memperkuat angkatan laut untuk menjaga wilayah Indonesia," kata Ferry saat dihubungi, Senin, 6 Januari 2019.
 
Ferry mengatakan menghadapi klaim Tiongkok tidak melulu dengan pernyataan keras. Upaya diplomasi seperti ditekankan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) lebih diutamakan daripada mengeluarkan pernyataan yang dapat menggagalkan upaya diplomasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ujug-ujug perang. Kan tidak mungkin. Jadi ada trek pertama dan kedua. Trek pertama menggunakan jalur diplomasi mengenai wilayah laut Natuna," papar dia.
 
Ferry menyebut klaim Tiongkok mesti jadi alarm agar pengamanan wilayah laut lebih ditingkatkan. Ia mendukung TNI mengerahkan semua kekuatan mengamankan kedaulatan nasional di Natuna.
 
"Ini menurut saya perlu didukung dengan upaya perkuat armada angkatan laut dalam rangka menjaga wilayah Indonesia," ujarnya.
 
Pengamat hubungan internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menyayangkan pernyataanPrabowo mengenai klaim sepihak Tiongkok atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Natuna Utara. Hikmahanto menilai masalah Natuna bukan sesuatu yang seharusnya diselesaikan di meja perundingan.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif